IDENTIFIKASI TINGKAT KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN DENGANMENGGUNAKAN SERVQUALDI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS X
2017
Author
Chalis Fajri Hasibuan (Program Studi Teknik Industri Universitas Medan Area Sumatera Utara), Sutrisno (Program Studi Teknik Industri Universitas Medan Area Sumatera Utara)
Abstract
Persaingan di dalam dunia pendidikan dewasa ini semakin ketat, khususnya perguruan tinggi,
bukan hanya perguruan tinggi dalam negeri saja yang menjadi pesaing tetapi juga perguruan tinggi luar
negeri.Minat masyarakat Indonesia semakin tinggi terhadap perguruan tinggi luar negeri yang
menawarkan kualitas jasa pendidikan yang lebih baik. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu
Mengukur tingkat kepuasan mahasiswa/i Fakultas Teknik Universitas X terhadap pelayanan jasa yang
diberikan oleh Fakultas Teknik Universitas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif dengan teknik survey.Metode yang digunakan adalah metode Servqual.Metode servqual
digunakan untuk menentukan atribut serta mengukur kesenjangan (gap) antara harapan dengan persepsi
konsumen terhadap suatu pelayanan. Hasil penelitian diperoleh gap Dengan nilai terbesar yakni -0.9186
menunjukkan bahwa fasilitas yang diberikan belum sesuai dengan biaya uang kuliah yang dibayarkan
oleh mahasiswa sedangkan Tingkat pendidikan Dosen yang mengajar di UMA sudah berpendidikan
minimal S2 dengan gap yang bernilai positif sebesar 0.0679 yang mengindekasikan bahwa tingkat
harapan yang ada pada mahasiswa lebih rendah dari kinerja yang diberikan oleh Universitas X.
DOI
Journal
Spektrum Industri: Jurnal Ilmiah Pengetahuan dan Penerapan Teknik Industri
Source
DOAJ